numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Lebaran Betawi di Condet

Lebaran Betawi Condet - 1

PALU GADA. Apa lu mau gua ada. Iya, Lebaran Betawi di Condet ini mirip seperti pasar malam. Bedanya, kemeriahan diadakan sepanjang hari. Dua hari tepatnya, tanggal 29 – 30 Juli 2018. Ratusan pedagang mulai dari makanan, minuman, pakaian, mainan, sulap-sulapan, dan apa aja tumpah ruah di sepanjang Jalan Condet Raya.

Harganya pun bersaing. Mulai dari tiga ribu rupiah – untuk segelas es teh manis – sampai puluhan ribu rupiah. Menurut saya, harga jajanan di Lebaran Betawi tergolong normal, malah cenderung murah. Ya mungkin pedagangnya juga sadar diri sih, pembelinya kan banyakan orang condet-condet juga. Kalau kemahalan, siapa yang mau beli? Hahaa..

tahu gejrot jakarta

Tahu gejrot harganya goceng setoples!

Selain itu, panitia acara juga menyiapkan beberapa panggung hiburan musik dan seni Betawi. Katanya sih ada tujuh panggung, cuma kayaknya tadi cuma nemu empat panggung. Saya sempat nonton tari Betawi (lupa namanya -red), pencak silat, dan marawisan. Seru juga sih. Mereka yang menghibur di panggung sangat autentik. Dari tampilan fisik (wajah -red), logat, hingga candaan semuanya terasa Betawi banget!

Dodol Betawi di Lebaran Betawi Condet

Ngaduk 12 kg dodol selama 5 jam aja. Wow!

es krim aice semangka

Hakiki~

Untuk acara seperti ini saya jadi teringat Pekan Raya Jakarta atau sekarang namanya JI Expo Kemayoran. Rasanya tidak perlu jauh-jauh ke Kemayoran (bagi saya Kemayoran itu jauh,  haha) dan bayar tiket masuk, saya sudah bisa menikmati hiburan lengkap sekaligus jajan ini itu.

Receh banget sih, cuma justru yang murah meriah kayak gini yang bikin kangen. Dulu pas zaman saya masih sekolah, kan kesenangan itu memang receh. Makan cilok, nontonin keramaian apa pun yang gratisan, dibohongin sulap, minum es serut, dan macem-macem yang kamu bisa lihat di pasar malam.

Bakso Condet

Nge-bakso di Condet!

 

Kalau kamu besar di Jakarta dan sekitarnya, pasti akan suka sekali datang ke Lebaran Betawi Condet. Buat turis, saya enggak tau akan suka atau tidak. Masalahnya, acara ini penuh sekali manusia. Sesak. Sementara jalan yang dipakai untuk Lebaran Betawi ini sebenarnya terhitung kecil. Belum lagi dipakai untuk buka stand jualan di kanan dan kiri.

Saya ada tips buat kamu yang mau ke Lebaran Betawi tahun depan (tahun 2018) di Condet ini:

  1. Siapin fisik untuk jalan kaki. Kamu enggak akan bisa andalkan motor, mobil, atau apa pun untuk meringankan penjelajahan kamu di Condet. Sepeda aja susah gerak, duh!
  2. Bawa recehan. Haha, penting ini. Soalnya kamu akan nemu banyak stand-stand kecil yang enaknya dibayar pakai uang pas.
  3. Hati-hati copet. Ini sebenarnya berlaku di semua tempat ramai di ibukota, enggak cuma di Lebaran Betawi Condet. Bawa uang secukupnya dan jaga barang berharga dekat kamu. Anggap aja lagi ke pasar, kira-kira analagi-nya demikian.
  4. Bawa topi, sunglasses atau apa pun untuk melindungi dari teriknya matahari Condet. Konon, Condet itu bisa produksi matahari sendiri lho. Hahahahhaa *panas
  5. Ajak teman biar makin seru.

Selamat bersenang-senang di Lebaran Betawi! Tahun depan lagi, ya! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 31, 2017 by in jakarta and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Above.

#makassar #cityview #aerialview #sulawesiselatan #ujungpandang Yeay~ 
#fotokemarin #ujungpandang #makassar Above.

#makassar #ujungpandang #aerialview #sulawesiselatan Kembar identik. Itu pohon kembang apaan ya? Cakep ya matching sama bangunan belakangnya 💗

#bandung #artdeco #architexture #bandungwalkingtour #citytour #brightday Laper. Makan dulu. --
Ini roti srikaya andalan Purnama. Soft kenyel-kenyel gitu. Paling juara sih es kopinya. Enakan es kopi ini daripada Es Kopi Susu Tak Kie yang Glodok Jakarta. 
#bandung #coffeeshop #bandungwalkingtour #citytour #brightday #breakfast #breakfastlikeachampion #f52grams #warkoppurnama Di seberang adalah toserba pertama di kota Bandung. Sekarang ditempatin sama ocbc nisp. Demikian #sekilatinfo

#bandung #artdeco #architexture #bandungwalkingtour #citytour #brightday #ocbcnisp #kotakembang #kotakenangan Tempat nginepnya Charlie Chaplin sama delegasi KAA tahun 1955. ---
Ini gue gak ngerti gimana nangkep bentuk bangunan ini secara utuh. Lalu lintas depan #savoy padet, banyak kabel listrik, ruas jalan cukup 'sempit'. Mungkin harus pake drone atau pake lensa tele dari Bogor. Tapi minjem. Haha 
#bandung #artdeco #architexture #bandungwalkingtour #citytour #brightday #hotelsavoy In the corner. --- berhubung Senin depan mau pergi lagi, ya udah nge-spam aja deh. Gue gak ngerti sebenarnya gimana rang orang rajin dan sabar bisa keep pictures for later. Masalahnya...seminggu bisa motret dua tiga kali atau full week gitu. Ini masalah bukan sih, tauklah. 
#bandung #artdeco #architexture #bandungwalkingtour #citytour #brightday

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: