numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Jembatan Limpapeh Bukittinggi

jembatan limpapeh kota bukittinggi

Pertama kali lihat Jembatan Limpapeh terus membatin,”Oh, gini doang?”

Lihatnya pas lagi keluyuran malam-malam sekitaran Rimbun Espresso & Brew Bar Bukittinggi. Warna lampunya gonjreng dan enggak ngerti ini jembatan dari mana mau ke mana. Pintu masuk Jembatan Limpapeh ada di sebelah mana? Ini sih cuma statue doang. Gitu pikir saya, haha.

Ternyata oh ternyata…saya baru paham fungsi Limpapeh sebagai Jembatan setelah main ke Benteng Fort de Kock. Jembatan Limpapeh merupakan jalan penghubung antara Benteng Fort de Kock dengan Kebun Binatang Kinantan dan sebaliknya. Dua tempat ini adalah tempat wisata populer di Bukittinggi yang saling terhubung dengan sistem pembayaran satu tiket masuk.

 

 

Dari atas Jembatan Limpapeh kamu juga bisa melihat pemandangan kota Bukittinggi ke arah Jam Gadang dan ke arah…entah mata angin apaan. Arahnya sih ke Gedung DPRD Bukittinggi ya. Nah  karena Jembatan Limpapeh terletak di sekitar kebun binatang, saya melihat banyak burung dara liar yang seliweran sekaligus ninggalin ‘jejak’ di sana. Iyuhh..

Berlama-lama di atas Jembatan Limpapeh rasanya juga kurang pas karena jembatan ini kecil. Tidak cukup kokoh untuk menampung banyak orang dalam waktu bersamaan. Lagian, pemandangannya juga enggak spektakuler. Ketutupan sama tulisan “Jembatan Limpapeh”, pagar besi pengaman dan kabel-kabel listrik sekitaran bangunan penduduk. It is not the best spot untuk ngambil foto pemandangan. Cuma berhubung udah di sini ya udah malah jepret-jepret banyak banget. Hahaha dasar..

jam gadang dari jembatan limpapeh

Kelihatan Jam Gadang di sudut kiri atas

pemandangan dari jembatan limpapeh

Arah sebaliknya dari foto di atas. Diambil dari atas Jembatan Limpapeh

Lalu apa yang menarik dari Jembatan Limpapeh Bukittinggi?

Jujur saja, setelah berhari-hari seliweran sekitar Bukittinggi sebenarnya Jembatan Limpapeh ini unnoticed alias enggak kelihatan. Saya baru sadar keberadaan Jembatan Limpapeh setelah melihat lampu warna-warni di malam hari.

jembatan limpapeh bukittinggi

Jambatan atau Jembatan Limpapeh Bukittinggi

Malahan hal yang menarik dari Jembatan ini adalah namanya sendiri: Limpapeh. Ear catching.

Usut punya usut Limpapeh ini berasal dari bahasa Minang yang artinya tiang tengah penyangga rumah gadang. Limpapeh juga sering diasosiakan sebagai perempuan atau ibu karena peranannya yang menjadi penyangga utama ‘keutuhan’ rumah tangga. Tau dong kalau suku Minang menganut sistem matriarki (garis keturunan Ibu)?

sejarah jembatan limpapeh

Baca sendiri sejarahnya…

Kesimpulannya, Jembatan Limpapeh bukan tempat wisata. “Tempat” itu artinya pengunjung bisa stay lama di sana. Jembatan Limpapeh benar-benar menjalankan fungsinya sebagai jembatan. Limpapeh si penghubung. That’s all.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 31, 2017 by in Sumatera Barat, Travel and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay I wish I could easily fall asleep just like him.

#sleep #human #betweenlines Gorgeous.

#mosque #playwithlight #architexture Being mute for a sec. 
#musician #human #itsnormal Her season is coming~ 
Kamu makan buahnya atau kulitnya? *eh 
#mangoosteen Learn so much stuff from this young professor. From psychology to pop movie, triathlons to the food marathon (ha!), talkgasm. Thank you! 🙏

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: