numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Apa itu Drag Queen?

Gara-gara nonton Raminten Cabaret Show di Yogyakarta kemudian jadi penasaran akan satu istilah. Awalnya dari video instagram saya yang di-repost sama queer artist-nya langsung. Nah setelah diperhatiin dia pakai istilah “drag queen”. Apaan tuh drag queen?

Awalnya ngira drag queen artinya putri jadi-jadian. Hahaa. Ternyata ini memang istilah sendiri dalam dunia performing act/show. Drag queen artinya laki-laki yang memerankan karakter wanita dalam sebuah pertunjukkan. Makin atraktif makin seru. Dari dandanan, pakaian, gerak-gerik, semua di-cewek-cewek-in.

drag queen indonesia

Rihanna wanna be

Persoalannya, saya sepertinya salah mengartikan kalau drag queen = transgender = gay. Ini belum tentu. Memang kebanyakan drag queen di luar panggung adalah laki-laki belok cuma enggak semuanya. Ada yang straight. Kalau di dunia seni, drag queen punya posisi yang lebih baik. Sepertinya salah juga kalau mengidentikkan transgender dengan drag queen.

Enggak semua transgender bisa nge-drag. Enggak semua drag queen adalah transgender.
Dua hal berbeda yang maksa banget kalau mau dikait-kaitkan. Tidak fair.

Kenapa stereotip drag queen sama dengan transgender saya katakan tidak fair? Itu karena untuk menjadi performer yang bisa nge-drag queen butuh passion yang besar. Bikin kostumnya mahal, ­make up-nya susah, harus bisa dancing, main ekspresi, dan paham gerak panggung. Harus punya ilmu teater, dance, sekalian make up kostumnya. Kalian bisa?

Dengan beragam skill dan modal yang lumayan makanya drag queen belum cukup dijadikan pekerjaan tetap. Kecuali kalau drag queen­-nya famous pake banget. Itu lain ceritanya. Nah, kalau tau butuh biaya besar dan enggak cukup dijadiin pekerjaan tetap kenapa masih pada mau nge-drag queen? Jawabannya passion. Passion drives person. Salut deh buat para drag queen se-Indonesia. They are all passionate person. Semoga makin diterima masyarakat ya, dari segi seni pertunjukaan. Mungkin bukan sekarang tapi nanti di masa depan. Bravo!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 20, 2017 by in Travel and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 51 other followers

Still hungry? Please say YES.

Cuss mangga ke akun sebelah —>
#Repost @/jakartawalkingtour (@get_repost)
・・・
Sriwijaya: The Great Maritime Empire. 
We took a visit @/jalurrempah’s exhibition on @/museum_nasional_indonesia that inform us more about spices history, people who lived on the sea, plus the relation between Indonesia (was known as Nusantara) with rest of the world 🌏 Ini eik suka banget deh sama coloring-nya. Simple tapi jadi aja gitu. Masalahnya, cat minyaknya ngabisin berapa banyak ya? Hahaha 🤣 #painting #oilpainting #artexhibition Tell your story here @warnong.id CTS: Cek Toko Sebelah #Repost @/jakartawalkingtour (@/get_repost)
・・・
Checking gemstone 💎 👌 In case you’re wondering about how far I ‘normally’ could walk. The last one just because I strolled with Satria - 4 yo nephew. Tapi sih keknya gak ada yg penasaran, eik aja yg pengen posting hahaha Piknik di jalan 😅 Was in cemetery. Six PM, eery and gloomy. #goodbye #restinpeace Menuju Zenbu 
@yupiyupz @winda_mariam @maris_sadewa @medyfm

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: