numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Arti Wonhwa

Apaan sih wonhwa? Bakery baru di Jakarta? Berhubung habis nonton film Korea Hwarang makanya penasaran baca-baca soal wonhwa. Sumbernya: Wikipedia dan kawan-kawannya. Haha *maap

Wonhwa atau dalam Chinese pinyin yuanhua (the source of virtue or the source of beauty) terdiri atas dua orang ladies (yes ladies) yang bertugas memimpin institusi bernama Hwarang. Hwarang diibaratkan sebagai komunitas tempat belajar anak-anak dari golongan elite alias bangsawan. Akan tetapi meski statusnya di atas para anak-anak bangsawan ternyata menjadi Wonhwa (baca: cewek powerful) selalu berakhir tragis. Kalau enggak mati bunuh-bunuhan satu sama lain, ya mati karena dijadiin alat sama pihak istana. Alat buat legitimasi kekuatan raja, ratu, inces, dan royal femili. Konon begitu.

arti wonhwa

Nah, dari baca-baca soal Wonhwa akhirnya saya jadi tahu juga kalau posisi perempuan saat Dinasti Silla begitu besar. Bahkan ada tiga ratu yang tercatat benar-benar ‘berfungsi’ kayak raja di sana. These all made me think…Dinasti Silla ini must be ‘something’. Makin semangat bacanya karena banyak peran perempuan yang tercatat selama Dinasti Silla, terutama yang mempengaruhi kaum elite kerajaan. Gimana cara pengaruhi kaum elite kerajaan? Ya lewat lembaga yang namanya Hwarang (hua lang = flower boys).

Itu karena penghuni Hwarang sebenarnya adalah calon-calon pemimpin masa depan Dinasti Silla. Ciyeee…

Gimana? Mudah-mudahan tulisan ini mencerahkan kamu semua. Sekarang sudah enggak bingung lagi kan kalau ditanyaΒ apa arti Wonhwa di Dinasti Silla Korea. Bentar…emang siapa juga yang mau nanya? *eh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2017 by in Sejarah.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 57 other followers

Still hungry? Please say YES.

St Ursula JKT #architecture Cuteness overload. Napping paling hqq ya gini 😻 #cat #sleepover 😸 [Jangan Digeser] Ini enak lho....
.
.
.
.
.
Cheesy bite-nya 🀣
#tercyduk Barbie House 🌸 #neighborhood New mural on Fatahillah Museum (Jakarta History Museum) 😍 #mural Tadi siang akhirnya kesampean juga. Sekalian nungguin Wiwit 😌
- foto gelas kopi pertama dan (kayaknya) terakhir di 2018 haha How could I forget beautiful place like this~ Hello @neryllewis, I miss you 😊 Ikutan posting soal tea cup-nya mbak @sinaranpagi. Kalo aku lebih suka wall ceramic, suka tapi belum perlu beli. Soalnya belum ada tempat pajangnya πŸ˜‚

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: