numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Abad ke berapa Islam masuk ke Indonesia

Dua hari lalu ada yang nanya ke saya,”Since Indonesia becomes the biggest moslem country in the world, when Islam come to here exactly?” Iye, yang nanya kebetulan bule dan pada saat itu enggak bisa jawab dengan baik dan benar. Kapan Islam masuk ke Indonesia?

Setelah baca sana sini dan inget-inget pelajaran sejarah ternyata Indonesia dulunya disebut nusantara. Fakta nih, kali aja pada belum tau kan. Ada dua teori yang bilang soal abad berapa Islam mulai masuk ke nusantara. Yuk bahas satu persatu.

Islam masuk ke nusantara abad ke 13 Masehi

Ini teori paling populer sejauh ini. Islam konon masuk pada abad ke – 13 melalui pedagang dari Gujarat. Mereka masuk ke nusantara untuk urusan dagang sampai kemudian raja-raja nusantara tertarik untuk memeluk agama Islam pada akhirnya. Tapi…saya sih kok kurang yakin ya, karena ada bau-bau ‘winner story’-nya. Tau dong kalo history is about winner story? Nanti Eropa ‘marah’ kalau tau ada pelayar hebat dari Arab yang udah keliling dunia duluan. Hehe..

Islam masuk ke nusantara abad ke 7 Masehi

Buat yang kurang yakin sama teori pertama (seperti saya), nah ini ada teori kedua yang mengatakan kapan Islam masuk ke Indonesia. Namanya teori Mekkah yang mengatakan Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke 7 Masehi. Salah satu buktinya adalah pada transkrip Cina yang mengatakan mereka bertemu orang-orang Islam di nusantara pada tahun 600-an Masehi.

Islam masuk ke nusantara abad ke 9 Masehi

Ini teori saya. Biar enggak pada berantem kita ambil jalan tengah aja gimana? Hahaha. Jangan dijadiin jawaban ujian kamu ya, karena ini jawaban saya pertama kali ke orang yang bertanya ke saya. Besok kalau dia nanya lagi,”kapan Islam masuk ke Indonesia?” saya akan ngeles kalau sumber bacaan kita mungkin beda, ada juga yang punya teori abad 7 dan abad 13 serta saya dengan teori bajaj. *ups

Kalau kamu, percaya yang mana? Kapan Islam masuk ke Indonesia? 😀

abad berapa Islam masuk ke indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2017 by in Sejarah.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay I wish I could easily fall asleep just like him.

#sleep #human #betweenlines Gorgeous.

#mosque #playwithlight #architexture Being mute for a sec. 
#musician #human #itsnormal Her season is coming~ 
Kamu makan buahnya atau kulitnya? *eh 
#mangoosteen Learn so much stuff from this young professor. From psychology to pop movie, triathlons to the food marathon (ha!), talkgasm. Thank you! 🙏

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: