numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Cara Hilangkan Maxoneclick Malware di Android

Saya pakai handphone Android dan suka download apps gratisan. Sayangnya, untuk aplikasi Go Keyboard versi terbaru (update December 2016) iklannya parah banget. Menuhin home screen dan maksa usher untuk close ads yang tanda silangnya kecil banget. Susah kan, haha. Hingga dari sekian banyak ads yang jempol saya kepeleset nge-click akhirnya masuk apps malware! OMG!

Tiap klik link apa pun dan masuk ke browser, eh malah redirect ke maxoneclick.com yang isinya sampahan iklan semua. WTH! Gimana ini cara remove maxoneclick yang ganggu banget kegiatan surfing via handphone android?

Ini dia cara hilangkan maxoneclick malware di Android:

1. Uninstall apps yang kamu curigai bawa sampah malware maxoneclick

Kalau kasus saya, apps Go Keyboard ini biangnya. Oke uninstall. Nanti cari aja lagi apps dengan service sejenis. It is not gonna be easy, apalagi kalau kamu udah tahunan kayak saya pakai apps itu. Tapi, kadang developer butuh duit dari iklan. Apps punya mereka, ya bebas aja mau disuntik ads dimana-mana. Keputusannya sekarang ada di kamu: UNINSTALL RIGHT NOW!

2. Cara hilangkan maxoneclick malware di Android: Check Setting Phone

Masuk ke setting phone android kamu dan klik bagian Apps. Perhatiin Apps yang mencurigakan. Kalau saya cara nilainya, apps itu punya icon yang fancy (logo bagus, menarik perhatian mata) dan gak pernah saya install. Perhatiin juga tanggal install-nya kapan, dan inget-inget2 kalau sejak kapan virus malware maxoneclick merajalela di handphone kamu

3. Cara hilangkan maxoneclick malware di Android: Clean cache

Buat pengguna Android Xiaomi, biasanya ada cleaner apps sendiri. Nah buat kamu yang belum punya atau mau proteksi dengan dua apps cleaner bisa dicoba download apps “CCleaner” lewat Playstore. Ini bukan tulisan berbayar, saya rekomendasikan karena memang ampuh dan clean. Gak basa-basi begitu terinstall langsung buka apps CCleaner dan klik “Analyze”. Bersihkan bagian “Browser History” dan “Cache”. Mau ditambah dengan hapus “Empty Folder” juga boleh. Hehe..

ccleaner

Inget ya, jangan centang bagian lain untuk dihapus. Itu karena di CCleaner kamu dikasih option untuk hapus messages, foto-foto yang diterima via whatsapp and so on. Jadi, please be wish to clean which cache that you want to kick out.

4. Cara hilangkan maxoneclick malware di Android: Restart Android kamu

Udah semua cara hilangkan maxoneclick dari nomer satu sampai tiga dilakukan? Ya sudah, saatnya restart. Setelah nyala, coba tes ke browser kamu dan main ke website mana pun, klik-klik sana sini apakah masih ada maxoneclick malware yang mengganggu? Harusnya sih udah bersih. Kalau masih ada, berarti ada apps bawaan yang perlu kamu singkirkan. Ulangi lagi semua cara bersihkan maxoneclick malware di atas ya!

Masih gak bisa juga? Oke, cara terakhir dari saya untuk hilangkan maxoneclick malware adalah dengan mengganti aplikasi browser kamu. Jangan lupa untuk log out akun-akun sosmed dulu ya. Terus di clean chace lagi. Uninstall browser lama dan ganti browser apps semisal Google Chrome atau Mozilla Firefox. Itu karena cache browser suka enggak kehapus kalau yang versi mobile phone. Saya pribadi rekomen Chrome, simply karena integrasi sama akun gmail saya. Jadi gampang cek history browser baik di PC maupun hp, hehe..

Terus, kenapa sih bisa ada maxoneclick malware di Android kamu?

Gini lho. Pertanyaan retorik: Mana ada sih yang gratis di dunia ini? Kamu download apps gratis di Play Store, terus yang bikin (developer) emangnya gak perlu makan, biaya internet, dan segala keperluan mendasar manusia lainnya? Inilah pentingnya Ads (iklan) untuk support para developer ini. Mereka dapat penghasilan lewat iklan tanpa perlu membuat kamu bayar apps tersebut.

Namun, terkadang level injeksi ads-nya sudah kelewatan. Dan karena ads apa pun bisa masuk, virus malware macam maxoneclick itu juga bisa mampir ke handphone kamu. Ini yang gak fair karena usher Android phone seringnya gak sadar kalau sudah ijinkan maxoneclick malware ini masuk. Sekali lagi, ini bukan pilihan sadar. Logikanya mana ada sih orang yang mau handphone-nya dikerjain virus?

Pilihan gak sadar ini terjadi karena kadang kita dipaksa untuk klik ads karena kalau enggak klik handphone gak bisa dipake dengan semestinya. Atau simply karena tombol close (tanda silang) terlalu kecil, jadinya jari kita malah kepeleset klik ads yang nongol di layar handphone kita.

Jelas ya? Hehe.. Semoga ulasan soal gimana cara hilangkan maxoneclick malware ini bermanfaat buat kamu. Saya pernah jadi korban soalnya dan berjam-jam ngulik via google gimana cara remove maxoneclick sampah ini. Say NO to junk apps and Good luck!

Image Source: Tech News Today

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 14, 2016 by in Bagaimana Cara.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay I wish I could easily fall asleep just like him.

#sleep #human #betweenlines Gorgeous.

#mosque #playwithlight #architexture Being mute for a sec. 
#musician #human #itsnormal Her season is coming~ 
Kamu makan buahnya atau kulitnya? *eh 
#mangoosteen Learn so much stuff from this young professor. From psychology to pop movie, triathlons to the food marathon (ha!), talkgasm. Thank you! 🙏

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: