numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Mie Aceh tidaklah se-sederhana itu

Makan Mie Aceh ternyata complicated. Bahkan lebih rumit daripada memutuskan makan indomie goreng atau rebus. Tahu enggak kenapa? Karena ternyata Mie Aceh dari tanah rencong ini punya tiga varian, mie aceh goreng, mie aceh rebus, dan mie aceh tumis. Saya baru tahu lho ini, jadi saya yang norak atau mie aceh-nya yang lebay?

Mmm…enggak usah dijawab kali ya, hehe. Mendingan saya ulas aja sekalian perbedaan dari tiga macam mie aceh ini. Kebetulan sempat icip tiga-tiganya, dua punya teman dan satu punya saya. Inilah kelebihan dari makan rame-rame, foto semua dapet, nyobain semua bisa, bayarnya cukup satu. Ntap!

Mie Aceh tiga varian: Goreng, Rebus, dan Tumis

Pembagian varian mie aceh ini agaknya cuma berdasarkan banyaknya air yang dituang ke penggorengan si Uda. Goreng untuk penyajian Mie Aceh yang kering tanpa air, rebus untuk Mie Aceh yang banjir kuah, sementara tumis untuk yang berkumis. *eh

Enggak deng, yang kumis tipis juga boleh pesan Mie Aceh tumis kok, hehee. Tapi varian mie ini sebenarnya rancu. Bisa dibilang, mie aceh tumis adalah mie aceh goreng yang ditambahin kuah dikit atau mie aceh rebus yang airnya dikit aja. Penampakannya begini :

Mie Aceh Tumis Enak di Warung Nyak Lin Jakarta Barat

Galau banget kan varian mie aceh yang satu ini. Ckck, kesian.

Sebentar, sebentar… kamu sebenarnya udah tau belum Mie Aceh itu makanan apa?

Singkat kata, Mie Aceh ini adalah mie dari Aceh. Sekian.

Panjang kata, Mie Aceh ini adalah mie yang dimasak pakai bumbu kari yang biasanya ada potongan daging kambing atau sapi sebagai penyedap. Biasanya nih bumbunya ini kental sekali, pun kalau kamu pesan Mie Aceh kuah tetap aja berasa banget kekentalan kaldu karinya. Disajikan bareng kacang goreng, bawang goreng,  ketimun, dan kerupuk emping. Disarankan pesan yang pedas karena mantap banget kalau makan mie aceh sampe keringet bercucuran. Kalau kata saya mah gitu 😀

Mie Aceh Goreng Enak di Jakarta Barat

Mie Aceh Goreng

Soal harga Mie Aceh, gimana? Mahal enggak?

Kalau dijadikan menu makan siang karyawan biasa setiap hari, ya mahal. Satu-satunya tempat saya pernah makan Mie Aceh yang bolak-balik bayar sendiri sebenarnya cuma di dekat kantor, tepatnya di Kedai Mie Aceh Nyak Lin di Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Kalau makan sekali-kali di sini mah enggak bakalan bikin kantong jebol. Cukup bayar Rp 15 ribu per porsi mie aceh, mau yang goreng atau rebus atau tumis, harganya sama cyin!

Kedai Mie Aceh Nyak Lin enak di Jakarta Barat

Pilih yang enak sesuai karakter kamu, Mie Aceh goreng, rebus, atau tumis?

Mie Aceh goreng sebenarnya pas buat orang-orang yang enggak mau kena resiko kena muncratan kuah kaldu Mie Aceh yang minyak bangets, alias susah ilang kalau kena baju. Kalau lagi makan buru-buru, udah sih pesan aja yang goreng. Praktis.

Tapi buat kamu yang kayak saya, lebih suka makan indomie rebus ketimbang indomie goreng yaa tentu saja enakan Mie Aceh rebus-lah… Enggak perlu dijelasin kenapa, kan?

Mie Aceh Rebus Nyak Lin di Jakarta Barat

Mie Aceh Rebus kesukaankuuu :9

Terus buat kamu yang galau, cobain aja Mie Aceh tumis. Saya sendiri enggak ngerti kenapa pakai ada varian tumis. Di tengah-tengah gitu. Becek doang. Kering bukan. Banjir juga enggak. Tapi kalau makan Mie Aceh di Kedai Nyak Lin untungnya rasa enggak setengah-tengah. Hmm…kalau dipikir-pikir memang ya, dimana-mana pasti ada aja varian galau. Kayak soal perbedaan alkohol yang pernah saya tulis di sini. Mie Aceh Tumis bagaikan Red Wine karakternya, nanggung!

Advertisements

One comment on “Mie Aceh tidaklah se-sederhana itu

  1. Pingback: mie aceh adalah | Indonesian Foods

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay I wish I could easily fall asleep just like him.

#sleep #human #betweenlines Gorgeous.

#mosque #playwithlight #architexture Being mute for a sec. 
#musician #human #itsnormal Her season is coming~ 
Kamu makan buahnya atau kulitnya? *eh 
#mangoosteen Learn so much stuff from this young professor. From psychology to pop movie, triathlons to the food marathon (ha!), talkgasm. Thank you! 🙏

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: