numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Rahasia jualan a la MNC Shop

Seharian ini, saya mendapat kesempatan untuk ikut training dari MNC Group. Biasalah, kalau anak baru suka ada perkenalan dan penjelasan terkait perusahaan secara general. So yeah, I’m being part of MNC Group now.
Yang paling menarik bagi saya, adalah pembicara dari MNC Shop. Di situ, dia bercerita soal bagaimana MNC punya toko yang cara menjualnya lewat siaran televisi. Saking penasarannya, bubar penjelasan dari dia (yang saya lupa namanya –duh as always lupa nama orang..), saya nyamperin ke luar ruangan dan tanya-tanya banyak soal MNC Shop.

Apa itu MNC Shop?

MNC Shop adalah televisi home shopping. Pernah lihat ada program 15 menit-an nongol dan nyelip di tivi kamu, isinya jelasin produk panci berikut harganya dan hotline untuk pesan langsung? Nah, itulah MNC Shop.
Mereka punya website, tapi bukan lewat website cara utama MNC Shop jualan. Setiap produk yang mau nitip jual ke MNC Shop akan dibikinin program acaranya, yang akan disiarkan di televisi berbayar dan tidak berbayar punya-nya MNC Group. Bahkan, mereka juga punya channel sendiri di Indovision, lho. Isinya apa? Ya jualan.

Terus gimana cara MNC Shop dapet duit?

Jadi gini, gue pun penasaran, kok mereka berani banget bikin program dan disiarkan di tivi ‘cuma’ untuk ngejual barang yang gak mereka produksi sendiri? Untungnya dikit banget dong. Mana bikin program itu kan mahal, mana beli slot siaran di tivi juga enggak murah. Kok bisa?
Ini dia jawabannya :
1. MNC Shop punya studio sendiri. ‘Artis’-nya, produsernya, dan segala yang membantu produksi program mereka berstatus karyawan, jadi cost untuk SDM tetap flat, berapa pun banyaknya program yang mereka bikin
2. Setiap produk yang titip jual, biasanya punya segmentasi pasar sbb : ibu rumah tangga dan menengah ke atas. Produk-produk buat rumah tangga, smartphone, barang-barang ‘doraemon’ impor dari Korea/Jepang, dll, dengan harga termurah Rp 200 rb-an.
Nah, karena produk-produk begini bisa dibilang ‘mahal’ secara umum, jadi pemasarannya bisa lewat televisi lewat program yang suka ada praktek-prakteknya itu, lho. Bisa banget maksimal jelasin keunggulan produknya. Seluruh produk yang dijual di MNC Shop harus dibikinin program, dengan catatan biaya produksi ditanggung oleh yang punya barang (vendor)
That’s why tiap shooting, budget dari tim MNC Shop yang ajuin, tapi duit benerannya datang dari si vendor.

Lu gak keluar duit buat shooting, cuy. As simple as that.
Btw, kalian mau tau produk apa yang dijual seharga Rp 200rb-an di MNC Shop tadi? Deterjen. #okesip

3. Keuntungan MNC Shop lewat sharing revenue. Ini cukup fair sih kalau menurut gue, jadi tiap barang yang kejual akan ada sharing profit, berapa persen buat si vendor, berapa persen buat MNC Shop. Jadi, MNC Shop akan terdorong bikin program jualan yang bagus, karena makin banyak barang yang kejual, profit-nya makin gede.
4. Soal airing cost di tivi-tivi, gimana?
Lah, masih perlu dijelasin? Kan sama-sama MNC Group, you know-lah😀
Gitu aja sih sharing obrolannya. Emang kalau ibu-ibu lagi ngambek, enaknya minta dijajanin beli barang-barang rumah tangga lewat tivi. Yang keren menurut gue adalah cara MNC Shop nge-grab pasar yang ada lewat TV Shopping kayak yang di Korea/Jepang. Ini nih, kalau gak didukung backup yang kuat, agak susah, karena kegedean bayar biaya naik siar. Untungnya bisa cincay sama RCTI, GlobalTV, MNC TV, Indovision, dan masih banyak lagi rekanan seperjuangan seper-MNC-an. Mantep..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 2, 2015 by in Uncategorized, Work Life and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Still hungry? Please say YES.

Save the best for the last. 
I like chocolate and ice cream, it's perfect match!

#sweettooth #homemade #chocolate #icecream #instafoodies #nicedinner I don't know when will posting these stuff. So now forgive me for spamming your timeline. 
It's so Italian. Looks good on cam but not my fav

#nicedinner #homemade #foodies Another pizza with mozarellalalalala~

#homemadepizza #nicedinner #mozzarella Home made pizza with five different dipping sauces. I like the yellow one~ 
#homemade #nicedinner #pizza #dippingsauce Dipping stuff. Carrots and paprika. 
#nicedinner #familyseries #foodies #homemade Makan-makan tadi sore. 
Biasa, kang foto cuma kursi kosongnya yg kepoto. Hahaha~ 
#nicedinner #thisisnow #eveningsnacks #familyseries Surabaya city map for next year walking tour. Anyone? :p

#jalanteross Running track on Gasibu Square. 
Warna birunya menggoda ya... #blue #runningtracks #publicsquare #gasibu #bandung #ngebandung #instacolors

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: