numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Mandiri

“Wah, beli komputer pake kartu kredit cicilannya cuma 0,99 %, murah!”

Eits, tunggu dulu, apa iya beneran murah? Buat kamu yang baru banget pegang kartu kredit pasti bertanya-tanya, bunga 0,99 % itu sebenarnya berapa banyak, sih? Yuk sini saya kasih tau cara menghitung bunga kartu kredit mandiri.

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

Image Source : mykartukredit[dot]com

…sebentar, kenapa Bank Mandiri?

Sebenarnya ini cuma contoh aja karena kebetulan saya pakai kartu kredit mandiri. Nah, kalau Bank Mandiri kan ada program cicilan bunga 0,99 % itu lho. Cara menghitung bunga kartu kreditnya nanti tinggal ganti aja sama persen bunganya sesuai bank kamu.

Intinya rumus bunga cicilan kartu kredit tuh begini :

Total harga barang x persen bunga x lamanya cicilan (bulan)

+

Total harga barang : lama cicilan (bulan)

Misalnya, ada barang harga Rp 5 juta, terus ada ‘promo’ bisa dicicil pakai kartu kredit Mandiri selama 6 bulan dengan bunga 0,99 %. Nah, cara menghitung bunga kartu kredit mandiri-nya begini :

Rp 5.000.000,- x 0,99 % = Rp 49.500,-

Rp 49.500,- x 6 = Rp 297.000,-

Rp 297.000 + Rp 5.000.000,- = Rp 5.297.000,-

Rp 5.297.000,- : 6 = Rp 882.834,-

Jadi, tiap bulan selama 6 bulan berturut-turut kamu akan bayar tagihan Rp 882.834,-. Artinya setiap bulan sebenarnya kamu disuruh bayar tagihan tambahan sebanyak Rp 49.500,- alias lima puluh ribu, atau senilai 0,99 % dari harga barang.

Kesimpulannya, bunga 0,99 % itu akan menjadi 5,94 % kalau kamu bayarnya nyicil 6 bulan. Nah, kalau yang ambil cicilan 12 bulan maka jadi 11,88 %.

Cicilan kartu kredit 0,99 % itu harus kamu bayar per bulan, dikali dengan lamanya kamu nyicil, itu juga kalau enggak telat bayar atau bayarnya full. Nah, kalau di bank mandiri, telat bayar akan kena charge tambahan 3 % atau Rp 50 ribu, tergantung dari mana yang paling besar jumlahnya. Iya, mana yang paling besar bisa dikenai charge ke konsumen.

Gimana, masih bilang belanja pakai kartu kredit itu murah? Think again. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 11, 2015 by in Uncategorized and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 52 other followers

Still hungry? Please say YES.

Mini size tree of life 🌲 #treeoflife Dadaahh @hellofirsta safe flight ✈️ Sampe jumpa di obrolan berfaedah lainnya. Wah aku makin pintar, thanks to you 😂#untilwemeetagain Kannn dibilang juga apaaa. Belum juga ganti kalender udah motret lagi, stok foto nambah lagi. Eh btw besok yg ikut tur gratisan bisa mampir ke tempat ini. Kekep dompet yg kenceeeng @dianavitriya hahaha X-mas decoration idea @frardig #youarewelcome 🤣 Mamang-mamang kuda gayanya emang gitu. Swag~ #swag #horserider #bromo #livefolkindonesia #livefolk #instasunda Sesungguhnya eik paling suka foto terakhir 😂😅 pic by pak rockybalboa Penyegaran timeline ☘️☘️☘️ #travelvideo #bromo

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: