numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

In Memoriam Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Vihara Dharma Bhakti Jakarta kebakaran Senin (2/3) lalu. Saya ikut bersedih, alasannya karena hampir setiap kali saya main ke daerah Petak Sembilan, Glodok, pasti mampir ke sana. Tempat itu salah satu spot yang masukkan ke list acara jalan-jalan saya. Sekarang sudah enggak ada..

Meski sudah ludes dilalap api, saya mau kasih lihat apa saja yang bisa dilihat di sana. Makanya, postingan kali ini saya namakan “In Memoriam Vihara Dharma Bhakti Jakarta”, kenangan saya tersimpan dalam ingatan dan juga foto-foto di kamera.

“It is not about religion, it is all about our root and culture”

Begitulah pesan opa-opa yang terus teringat di kepala saya kalau bicara soal berdoa pakai hio di Vihara. Aslinya, apa pun agamanya, orang yang berdarah Chinese tetap datang untuk mendoakan leluhur ke Vihara. Jadi, yang kamu bisa lihat di sana, tentu saja orang-orang yang lagi beribadah.

Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Salah Satu Altar Dewa di Bagian Dalam Vihara

Selain itu, di Vihara Dharma Bhakti yang usianya sudah 400 tahun-an itu, kamu bisa temukan puluhan patung dewa Cina yang memang ada karena punya ‘kebajikan’ yang  spesifik. Misal, kamu mau rejeki lancar? Berdoalah di depan God of Prosperity. Begitu kira-kira.

Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Nah, yang membuat Vihara Dharma Bhakti punya nilai budaya tinggi adalah karena Vihara inilah yang tertua di Jakarta ini, struktur bangunan masih asli dan tidak berubah dari awal dibangun tahun 1600-an silam.

Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Gerbang Masuk Vihara

Vihara Dharma Bhakti

Bagian Depan Bangunan Utama Vihara Dharma Bhakti

Lalu, di bagian tengah ruangan Vihara terdapat patung Buddha emas yang dipercaya dihuni oleh Yang Di Atas. Siapa pun yang ke sana tidak boleh foto patung emas itu, karena memang disucikan.

Vihara Dharma Bhakti Jakarta

Gambar Naga di dinding depan Vihara

Jadi, gimana menurut kamu? Sayang banget kan tempat ibadah secantik ini terbakar. Saya sekarang cuma bisa berharap mudah-mudahan Vihara Dharma Bhakti Jakarta bisa cepat dibangun lagi. Amiin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 4, 2015 by in Travel and tagged , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Ganjil.
---
Jadi gini. There is always people who will never understand how to value your time. Action 'speak' louder than words. Minta dihargai tapi gak bisa berlaku adil dengan menghargai orang lain. 
Dibales gini: ya kan ada urusan lain, gak ngerti aja kalo blablablabla. Boy, lau kira yang sibuk lau doang? Itu namanya lau udah ngeremehin orang. Duh, suksesnya die keknya masih jauh nih. Kelakuan. Kalo nemu yang kayak gini..early judgement is applicable. Orang kayak gini adalah jenis paling ganjil. Cita-cita sih sukses tapi...belajar dulu cara jadi lakik ya, Boy. #silakanbaper #odd #bodoamat~ Di antara puluhan lebaran, cuma ada dua foto ini yang terlihat jelas ada muka guenya. Makasih lho difotoin 😭😭😭 #thuglife #ngoks #lebaranadalahkita #kitasemualebar #okbhay Lebaran hari kedua. Could you spot me?
.
.
.
.
.
Nah, I bet you couldn't. I was standing behind the camera, as always 😭
#lebaran #kangfotokopi Foto sunah fardu'ain saat Lebaran. Unch unch~

#familia #lebaran #eidmubarak Selamat Idul Fitri! Brave yourself. Ini hari dmn: duh ketupatnya lebih nih, ok nambah kuah opor lg. Ketika suapan ketupat habis, ehh kuahnya masih sisa dikit. Ah sayang mubadzir, nambahin lagi ketupat, sekalian deh sama rendangnya. Gitu terus sampe entah kapan. Ya Allah 😭

#lebaran #gainweightfast Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: