numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Apa itu UPS?

Agak di luar kebiasaan, saya kali ini tidak nulis soal makanan tapi soal recent news yang lagi hangat, yaitu UPS. Gubernur DKI Jakarta Ahok marah karena ada dana siluman untuk pengadaan UPS di sekolah-sekolah yang jumlahnya eM-eMan rupiah, padahal harga UPS paling yahud sekitar Rp 10 juta-an.

Nah, saya enggak akan bahas soal beritanya lebih jauh, tapi lebih kepada ‘apa itu UPS?’ Jadi, sebenarnya, apa itu UPS?

UPS itu kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply, secara sederhana artinya alat untuk menjaga supaya komputer yang sedang menyala tidak mati kalau PLN lagi ‘eror’, kasarnya semacam genset gitu deh. Tapi, gunanya lebih dari genset, UPS fungsinya juga untuk melindungi kerusakan data yang mungkin terjadi kalau listrik tiba-tiba mati.

Dengan adanya UPS, kita enggak perlu khawatir data rusak hilang komputer kalau listrik tiba-tiba mati. Misalnya, kalau pemakaian di rumah, mungkin aja kan listrik turun karena kelebihan beban pemakaian listrik? Nah fungsinya UPS disitu, komputer tetap akan nyala meski listrik di rumah turun.

Lalu, berapa sih harga satu unit UPS? Paling murah Rp 500 ribu, paling mahal sekitar Rp 10 juta-an, itu harga yang tertera di situs-situs online seperti Bhinneka, Lazada, dll.

Pertanyaannya, sekolahan punya data sepenting apa sampai harus beli UPS harga milyaran? Hehehee..

Advertisements

One comment on “Apa itu UPS?

  1. omkit
    March 4, 2015

    UPS, Unnecessary Power Supply.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 27, 2015 by in Uncategorized and tagged , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Jauh-jauh ke JCC cuma mau beli cold brew-nya @ngopiserius. Duh enak banget, Kak. Gak kepengin buka cabang di Jakarta nih? Hihihi..
.
.
Picture by @yupiyupz
#ngopiserius #kangfotokopi #coldbrew #ademdipipi [SOUND ON] Marapi Mt. from Janjang Koto Gadang. Thousand step (no, actually it was hundreds) to get there. --
Baru belajar take gambar bergerak. Belum bisa ngatur fokus. Lol --
#wisatasumbar #janjangkotogadang #bukittinggi #janjang1000 #scarsofland #kingofconvenience Inspeksi lapangan.
There was a tree house where photographers used to book it for photo session. The biggest tree cutted down...jadinya gersang >.<
.
Oh iya, eik belagak nanya-nanya mau book padahal sih cuma mau ngintip aja sekalian foto sejepret dua jepret. Wkwkwk #mayan #kanmaen

#onceuponatime #sepiksepikbisangintip #rumahpohon #jadigersang #treehouse #kotatua Coffee is love. 
#loveisreal #coffee #kangfotokopi #acupofhappiness #love #coffeelovers Family picnic. Thanks @asrorudin88 for capturing these pic. Two popsicles to keep up with the sun. When you have supervisors who always watch over your back. Dear my friends, be strong. May the force be with you! :p [SOUND ON] I was digging on my drive to look on this video. High tide, rain, and we all f***** up on the small boat. After docked on #Marunda fisherman village, then we ate the warmest instant noodle in the world: Indomie! @metasafira
@dianavitriya
@tikatike8 @yupiyupz 
#akuanakindomie #indomielovers #indomie #amomenttoremember #blurry

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: