numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Mie Ongklok

Orang Indonesia emang jago modifikasi makanan, ya. Tiap daerah pasti punya kuliner andalan yang sebenarnya sih mirip-mirip dengan kuliner di daerah lain.

Misalnya, Soto. Ada namanya Soto Ayam, Soto Betawi, Soto Babat, Soto Mie, dan banyak lagi. Ada lagi, makanan jenis Mie. Mulai dari Mie Ayam standar abang-abang, Mie Jawa, Mie Aceh, Mie Titi (Makassar), dan terakhir yang saya rasakan sendiri yaitu Mie Ongklok dari Wonosobo, Jawa Timur.

Mie Ongklok

Mie Ongklok

Apa keistimewaan Mie Ongklok?

Setelah ditelisik, sajian Mie Ongklok ini punya kuah yang manis, campuran kuah kaldu dan entah kuah apa yang berbahan sagu (lengket-lengket seperti kuah Sate Padang). Dalam penyajiannya, Mie Ongklok ditemani oleh Sate Daging Sapi, yang lagi-lagi manis berbumbu kecap. Kalau kurang suka manis, kalian bisa tambahkan sambal ijo yang dibuat dari cabe ijo Dieng yang pedasnya ngalahin cabe gila, diulek langsung di atas mangkok sambalnya.

Sambal Ijo Uleg

Sambal Ijo Uleg

Over all, rasa Mie Ongklok menurut saya biasa saja, yang enak justru Sate Daging Sapi-nya. Manisnya pas, daging empuk dan bumbu meresap hingga ke tengah daging. Setelah tanya-tanya, kalau di daerah Jawa Barat sate macam ini dikenal dengan nama Sate Maranggi. Pantesan orang-orang pada doyan Maranggi, ternyata emang enak yah 😀

Harganya gimana?

Perbedaan makan di kampung dengan makan di daerah kota  salah satunya adalah soal harga. Saya sendiri bingung, Wonosobo itu termasuk kampung atau kota, ya?

Kedai Mie Ongkok

Kedai Mie Ongkok di Jalan Longkrang, Wonosobo

Untuk seporsi Mie Ongklok lengkap dengan lima tusuk Sate Daging Sapi dan segelas teh manis hangat, penjualnya mematok harga Rp 20 ribu.  Ini jelas-jelas harga ‘kota’.  Malah menurut saya, harga itu berada sedikit  di atas standar perkotaan.

Kalau mampir ke tempat makan Mie Ongklok  ini lagi, sepertinya saya hanya akan pesan sate daging sapi-nya saja.  Atau enggak usah jauh-jauh ke Wonosobo, cari Sate Maranggi di Cikarang, Jawa Barat juga banyak 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 9, 2015 by in Foods, Travel and tagged , , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Ganjil.
---
Jadi gini. There is always people who will never understand how to value your time. Action 'speak' louder than words. Minta dihargai tapi gak bisa berlaku adil dengan menghargai orang lain. 
Dibales gini: ya kan ada urusan lain, gak ngerti aja kalo blablablabla. Boy, lau kira yang sibuk lau doang? Itu namanya lau udah ngeremehin orang. Duh, suksesnya die keknya masih jauh nih. Kelakuan. Kalo nemu yang kayak gini..early judgement is applicable. Orang kayak gini adalah jenis paling ganjil. Cita-cita sih sukses tapi...belajar dulu cara jadi lakik ya, Boy. #silakanbaper #odd #bodoamat~ Di antara puluhan lebaran, cuma ada dua foto ini yang terlihat jelas ada muka guenya. Makasih lho difotoin 😭😭😭 #thuglife #ngoks #lebaranadalahkita #kitasemualebar #okbhay Lebaran hari kedua. Could you spot me?
.
.
.
.
.
Nah, I bet you couldn't. I was standing behind the camera, as always 😭
#lebaran #kangfotokopi Foto sunah fardu'ain saat Lebaran. Unch unch~

#familia #lebaran #eidmubarak Selamat Idul Fitri! Brave yourself. Ini hari dmn: duh ketupatnya lebih nih, ok nambah kuah opor lg. Ketika suapan ketupat habis, ehh kuahnya masih sisa dikit. Ah sayang mubadzir, nambahin lagi ketupat, sekalian deh sama rendangnya. Gitu terus sampe entah kapan. Ya Allah 😭

#lebaran #gainweightfast Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: