numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Nge-teh cantik di Warkop Dieng

Dingin-dingin memang paling enak  nge-teh cantik atau ngopi ganteng. Nah, kesempatan ngeteh cantik (berhubung saya perempuan :p) pun saya lakukan di sebuah warung kopi di dekat kawasan wisata Telaga Warna, Dieng, Wonosobo.

Awalnya, keinginan saya sederhana saja, bisa menghangatkan diri karena takut masuk angin karena kedinginan dan kehujanan setelah jalan-jalan di dalam area trekking Telaga Warna. Lalu, saya putuskan pesan teh hangat, tapi ternyata teh yang disajikan adalah Teh Hitam khas Dieng. Wow!

IMG_8676

Teh Hitam khas Dieng

Untuk rasa, teh hitam khas Dieng ini agak lebih pahit di lidah, tapi pahit yang light alias bukan pahit karena kental kebanyakan menyeduh sari  tehnya. Menurut saya, teh hitam khas Dieng ini paling pas kalau diseduh bersama  gula (jadi teh manis), rasanya lebih pas daripada diseduh tanpa gula, karena rasa teh-nya akan lebih keluar.

Oh iya, teh hitam Dieng ini juga dijual dalam bentuk kemasan. Harga seplastik teh ukuran plastik keripik – hahaha, maap saya enggak lihat ada berat gramnya, mungkin sekitar 100 gr – dijual seharga Rp 13 ribu.  Katanya sih, teh hitam Dieng ini berkhasiat menghilangkan sakit kepala, menurunkan kolesterol dan bisa melangsingkan tubuh. Katanya lho….

Selain teh, minuman lain yang menjadi primadona di daerah Dieng adalah Purwaceng. Sekarang sudah banyak ekstrak Purwaceng yang dijual dalam bentuk kantung-kantung kecil yang sudah dicampur gula, jad praktisi tinggal seduh air panas saja. Aslinya, Purwaceng ini adalah tanaman merambat yang banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng. Masyarakat lokal biasa merebus daunnya langsung dengan air panas, atau pun disajikan dengan campuran teh hitam Dieng atau kopi.

Purwaceng

Purwaceng

Soal harga, Purwaceng siap seduh terbilang cukup mahal. Sekotak Purwaceng isi 6 kantung (six bags) dijual dengan harga Rp 60 ribu. Untuk satu kantung Purwaceng bisa diseduh menjadi empat gelas. Lagi-lagi, penyajiannya boleh disajikan bersama campuran air teh atau kopi atau Purwaceng saja.

Dengan rasa yang mirip-mirip air jahe, Purwaceng dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina, daya tahan tubuh, dan melemaskan otot-otot yang kaku. Katanya sih, gitu. Mungkin khasiat itu semua ada benarnya, karena mana ada orang yang mau beli kalau harganya mahal tapi minus khasiat. Logis, bukan? 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 2, 2015 by in Foods, Travel and tagged , , , , , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Ganjil.
---
Jadi gini. There is always people who will never understand how to value your time. Action 'speak' louder than words. Minta dihargai tapi gak bisa berlaku adil dengan menghargai orang lain. 
Dibales gini: ya kan ada urusan lain, gak ngerti aja kalo blablablabla. Boy, lau kira yang sibuk lau doang? Itu namanya lau udah ngeremehin orang. Duh, suksesnya die keknya masih jauh nih. Kelakuan. Kalo nemu yang kayak gini..early judgement is applicable. Orang kayak gini adalah jenis paling ganjil. Cita-cita sih sukses tapi...belajar dulu cara jadi lakik ya, Boy. #silakanbaper #odd #bodoamat~ Di antara puluhan lebaran, cuma ada dua foto ini yang terlihat jelas ada muka guenya. Makasih lho difotoin 😭😭😭 #thuglife #ngoks #lebaranadalahkita #kitasemualebar #okbhay Lebaran hari kedua. Could you spot me?
.
.
.
.
.
Nah, I bet you couldn't. I was standing behind the camera, as always 😭
#lebaran #kangfotokopi Foto sunah fardu'ain saat Lebaran. Unch unch~

#familia #lebaran #eidmubarak Selamat Idul Fitri! Brave yourself. Ini hari dmn: duh ketupatnya lebih nih, ok nambah kuah opor lg. Ketika suapan ketupat habis, ehh kuahnya masih sisa dikit. Ah sayang mubadzir, nambahin lagi ketupat, sekalian deh sama rendangnya. Gitu terus sampe entah kapan. Ya Allah 😭

#lebaran #gainweightfast Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: