numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Carica, ‘Pepaya mini’ dari Dataran Tinggi Dieng

Di Dataran Tinggi Dieng, udara sejuk dan tanah yang subur membuat daerah tersebut berlimpah buah dan sayur segar di lahan-lahan terasering perbukitan Dieng. Salah satu buah khas Dieng yang saya temui bernama Carica (baca : Ca – ri – ca , bukan Karika). Awalnya, saya kira Carica ini adalah labu siam, tapi begitu dilihat lebih dekat bentuknya mirip buah papaya dalam ukuran mini.

tes

Ukuran Carica sebesar buah Apel

Di sana, Carica tidak dimakan langsung seperti buah pada umumnya, tapi diolah dulu menjadi sirup Carica atau manisan Carica. Nah, yang manisan Carica ini enak lho, apalagi kalau disajikan dingin-dingin. Rasanya renyah manis-manis kayak makan papaya muda.

Manisan Carica

Manisan Carica

Kebetulan, sebelum pulang ke Jakarta, saya mampir ke toko oleh-oleh yang ternyata juga adalah home industry manisan Carica. Pas banget, saya pun nanya-nanya gimana cara membuat Carica hingga jadi dalam bentuk kemasan.

Jalan Dieng Km. 1 Bugangan Utara, Wonosobo

Jalan Dieng Km. 1 Bugangan Utara, Wonosobo

Kata ibu-ibu di sana, pertama Carica akan dikupas kulitnya lalu dibelah menjadi dua bagian. Bagian tengah Carica yang katanya lebih manis itu, akan dibuat air manisan Carica setelah direbus dengan air gula pasir. Lalu bagian pinggirnya yang katanya lebih asam, akan dipotong-potong dan direndam di air kapur sirih (dan entah campuran apalagi) supaya lebih kriuk.

IMG_8873

Kupas-kupas Carica-nya…

Kalau sudah jadi, manisan Carica dan air gula rebusan Carica akan dicampur untuk kemudian didinginkan dan di-press ke dalam kemasan-kemasan siap makan. Satu mangkuk besar manisan Carica dijual seharga Rp 5 ribu, untuk yang kecil dijual seharga Rp 3 ribu (ini harga di kawasan wisata, mungkin kalau di pasar akan lebih murah harganya).  Manisan Carica ini cocok banget untuk oleh-oleh dibawa pulang ke rumah, selain karena enggak ketemu di daerah lain, manisan yang terkemas rapih ini bisa tahan hingga sekitar 6 bulan lamanya.

IMG_8871

Carica setelah dikupas

Menurut saya, belum afdol  rasanya kalau pergi ke Dieng tanpa mencoba manisan Carica. Itung-itung bantu produk lokal, dan saya sendiri senang lihat ibu-ibu di sana bisa bekerja dan punya penghasilan.

Semua karena manisan Carica! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 18, 2015 by in Foods, Uncategorized and tagged , , , , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Ganjil.
---
Jadi gini. There is always people who will never understand how to value your time. Action 'speak' louder than words. Minta dihargai tapi gak bisa berlaku adil dengan menghargai orang lain. 
Dibales gini: ya kan ada urusan lain, gak ngerti aja kalo blablablabla. Boy, lau kira yang sibuk lau doang? Itu namanya lau udah ngeremehin orang. Duh, suksesnya die keknya masih jauh nih. Kelakuan. Kalo nemu yang kayak gini..early judgement is applicable. Orang kayak gini adalah jenis paling ganjil. Cita-cita sih sukses tapi...belajar dulu cara jadi lakik ya, Boy. #silakanbaper #odd #bodoamat~ Di antara puluhan lebaran, cuma ada dua foto ini yang terlihat jelas ada muka guenya. Makasih lho difotoin 😭😭😭 #thuglife #ngoks #lebaranadalahkita #kitasemualebar #okbhay Lebaran hari kedua. Could you spot me?
.
.
.
.
.
Nah, I bet you couldn't. I was standing behind the camera, as always 😭
#lebaran #kangfotokopi Foto sunah fardu'ain saat Lebaran. Unch unch~

#familia #lebaran #eidmubarak Selamat Idul Fitri! Brave yourself. Ini hari dmn: duh ketupatnya lebih nih, ok nambah kuah opor lg. Ketika suapan ketupat habis, ehh kuahnya masih sisa dikit. Ah sayang mubadzir, nambahin lagi ketupat, sekalian deh sama rendangnya. Gitu terus sampe entah kapan. Ya Allah 😭

#lebaran #gainweightfast Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: