numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Pagoda Avalokitesvara Watugong

Lagi-lagi di Semarang. Kota sejuta budaya dimana kamu bisa menemukan bangunan bernuansa Cina di sini, salah satunya Pagoda Watugong.

Dinamakan demikian karena tepat di lokasi berdirinya pagoda ini, ditemukan batu alam yang bentuknya mirip gong, jadilah daerah ini dinamakan Watugong.

Batu berbentuk Gong. Photo Courtesy : Bayu

Batu berbentuk Gong. Photo Courtesy : Bayu

Jadi, karena terdapat Pagoda yang berlokasi di daerah bernama Watugong, jadilah disebut Pagoda Watugong. Nama sebenarnya Pagoda Avalokitesvara Watugong, yah lidah Indonesia lebih gampang menyebutnya Pagoda Watugong.

Ada apa sajakah di tempat ini?

1. Pagoda Avalokitesvara Watugong

Tentu saja ada Pagoda. Pagoda enam tingkat yang katanya tertinggi di Indonesia, Pagoda Dewi Kwam Im 观音塔, atau Pagoda Avalokitesvara Watugong.

Pagoda Avalokitesvara Watugong

Pagoda Avalokitesvara Watugong

Saya suka unsur budaya Cina yang kental sekali, serasa berada di belahan dunia yang lain, membuat saya berpikir, ini masih di Semarang?

Pagoda Watugong

Patung Buddha dalam pagoda

Patung Buddha dalam pagoda

Ukiran naga di area tangga pagoda

Ukiran naga di area tangga pagoda

Seperti sedang berpose ya? #eh

Seperti sedang berpose ya? #eh

Hio dan buah persembahan yang bentuknya pasti bundar

Hio dan buah persembahan yang bentuknya pasti bundar

Langit-langit bangunan pagoda

Langit-langit bangunan pagoda

Benarkah tertinggi di Indonesia? Tidak tahu sih, cuma memang pagoda ini selain memiliki enam tingkat tapi juga berdiri tegak di bukit daerah dataran tinggi. Kira-kira analoginya adalah cewe dengan  tinggi 170 cm pakai high heels 15 cm terus rambut dikuncir cepol ke atas. Tinggi banget kan? Haha 😀

Pagoda dibangun di atas bukit

Pagoda dibangun di atas bukit

Ada yang menarik dari pagoda Kwam Im. Pengurus pagoda juga menjual hio sembahyang, minuman dan snack di area pagoda. Teh kotak, frestea, nu green tea, coca cola dan kawan-kawannya. Terus, menariknya dimana?

Kotak Dana (the only one photo dan malah nge-blur, hiks)

Kotak Dana (the only one photo dan malah nge-blur, hiks)

Begini, ketika saya mau membayar, pengurus pagoda malah menyuruh saya memasukkan uang langsung ke kotak dana, sekitar 3 meter dari tempat ia berjualan. Jumlah uang yang saya masukkan tidak diawasi oleh si pengurus, ia malah sibuk berdiskusi dengan pengurus lainnya, oh my..

MANA ADA JUALAN TAPI KASIH DUIT BERAPA MALAH ENGGA DILIATIN?!?

Saya bengong. Sesuatu yang tidak mungkin saya temukan di Jakarta. Kepercayaan. Percaya kalau semua orang itu baik, tidak akan berbuat curang.

2. Vihara Buddhagaya Avalokitesvara Watugong

Tempat ibadah untuk umat Buddha, boleh lihat-lihat..

Vihara Watugong

Vihara Watugong

Bagian dalam Vihara

Bagian dalam Vihara

Memandang vihara dari atas pagoda

Memandang vihara dari atas pagoda

3. Taman bermain

Ada ayunan, jungkat-jangkit, puter-puteran. Puter-puteran itu, mainan yang di bagian tengah ada semacam setir mobil dari besi yang membuat mainannya berputar kalau kita duduk di dalamnya. Gitu.

Teman saya lagi main ayunan. Celana pendek plus topi, persis seperti… *isi sendiri* :p

Teman saya lagi main ayunan. Celana pendek plus topi, persis seperti… *isi sendiri* :p

Saya paling suka main ayunan, bahagia luar biasa pas ketemu ayunan di taman ini, langsung kembali jadi bocah lagi, haha.

Bunga Teratai di Taman Vihara :)

Bunga Teratai di Taman Vihara 🙂

How to get there?

Vihara Watugong ini berada  di bagian selatan kota Semarang yang merupakan daerah dataran tinggi. Transportasi paling mudah dan murah adalah naik bus trans Semarang jurusan Sisemut. Kalau saya naik trans Semarang dari Jalan Pemuda, jadi tidak perlu transit lagi, arah jalurnya tinggal lurus saja. Bilang ke kondekturnya kalau mau ke vihara, nanti kamu akan diturunkan di halte terdekat untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Bus Trans Semarang jurusan Sisemut

Bus Trans Semarang jurusan Sisemut

Tiket bus Trans Semarang. IDR 3,5k

Tiket bus Trans Semarang. IDR 3,5k

Di jalanan sekitar pagoda kamu juga bisa menemukan penjual ubi madu dan tape. Dengar-dengar kalau ubi madu yang dijual di sini juga dating dari daerah yang sama seperti yang dijual di Puncak, Cileumbu!  Jauh-jauh ke Semarang malah ketemu ubi cileumbu lagi, walah!

Piyem atau Peuyeum? :p

Piyem atau Peuyeum? :p

Oh iya, pagoda ataupun vihara Watugong tidak mengenakan karcis masuk untuk pengunjung lho, alias gratis tis tis! Jadi, kalau ke Semarang jangan lupa mampir ke Pagoda Watugong ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 11, 2013 by in Travel and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Still hungry? Please say YES.

Ganjil.
---
Jadi gini. There is always people who will never understand how to value your time. Action 'speak' louder than words. Minta dihargai tapi gak bisa berlaku adil dengan menghargai orang lain. 
Dibales gini: ya kan ada urusan lain, gak ngerti aja kalo blablablabla. Boy, lau kira yang sibuk lau doang? Itu namanya lau udah ngeremehin orang. Duh, suksesnya die keknya masih jauh nih. Kelakuan. Kalo nemu yang kayak gini..early judgement is applicable. Orang kayak gini adalah jenis paling ganjil. Cita-cita sih sukses tapi...belajar dulu cara jadi lakik ya, Boy. #silakanbaper #odd #bodoamat~ Di antara puluhan lebaran, cuma ada dua foto ini yang terlihat jelas ada muka guenya. Makasih lho difotoin 😭😭😭 #thuglife #ngoks #lebaranadalahkita #kitasemualebar #okbhay Lebaran hari kedua. Could you spot me?
.
.
.
.
.
Nah, I bet you couldn't. I was standing behind the camera, as always 😭
#lebaran #kangfotokopi Foto sunah fardu'ain saat Lebaran. Unch unch~

#familia #lebaran #eidmubarak Selamat Idul Fitri! Brave yourself. Ini hari dmn: duh ketupatnya lebih nih, ok nambah kuah opor lg. Ketika suapan ketupat habis, ehh kuahnya masih sisa dikit. Ah sayang mubadzir, nambahin lagi ketupat, sekalian deh sama rendangnya. Gitu terus sampe entah kapan. Ya Allah 😭

#lebaran #gainweightfast Gak punya stok kata mutiara. Barusan banget malah copaste terus lupa hapus nama pengirim. Duh. Happens a lot of times. 
Dulu banget, malem takbiran itu waktunya screening nomer kontak terus kirim pesan SMS ke semua teman. Semua. Hingga kemudian tahun berikutnya gak kirim ucapan ke siapa pun kalau dia gak duluan kirim pesan *dihgitu. 
Anyway, selamat lebaran ya semua kawan Muslim kesayangan akoohhh ❤

p.s. ini kiriman darimu ya @chiciiicii? aku pinjem yaa hehe Minal aidin wal faidzin, selamat lebaran :* I could speak in Chinese, but less people believe it. A new colleagues and friends come and go and all the time I only speak in English, or yeah Indonesian language (since I live in Indonesia). 突然我想念中文. 想要跟新加坡阿姨喝咖啡 --yes I know, this is so random, but something like this always happen when you travel alone. Been there, done that. 
跟美國人請中文 -- random people in random places. Bisa-bisanya dia lancar banget. Super polite dan kayaknya gak pernah belajar makian macem 混蛋 :D
Udah gitu aja. Intinya, jadi pengen ke 台灣 lagi~ 
p.s. Finna, I miss you. Lagi pencitraan. --abis itu diomelin pramugarinya 😿

#okbhay

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing Jujur dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: