numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Pengalaman interview

Interview kerja itu seperti apa sih?

Tanya adik kelas saya. Saya dalam hati tersenyum, sepertinya waktu berjalan cepat sekali ya.. Dan terkenang masa-masa saya rajin interview. Satu hal yang menggerakan saya, rasa penasaran. Kepo-ing good thing is a good way to get what you want. At least yang saya mau sederhana, rasa penasaran saya terpuaskan. Menurut saya sih begitu :p

Beberapa kali interview, saya alhamdulillah bisa menempatkan diri saya di bargain position yang cukup bagus. Ini penting sebenarnya, kadang kita perlu memperlihatkan kepada HRD kalau kita sebenarnya engga butuh-butuh amat kerja di tempat lo, kasarnya sih gitu :p

Kalau dipikir-pikir, ada yang kelewatan juga sih. Saya pernah ‘ngerjain’ HRDnya, tanya ini itu dan akhirnya engga jadi😀 Kalau saya jadi HRDnya, pusing banget kali ya urusin calon pegawai macem saya😀

Berikut beberapa pengalaman interview yang menurut saya berkesan dan ‘berkesan’ :

1. Interview di perusahaan Korea sebagai interpreter Mandarin. Saya udah hampir mau berangkat ke Cina gara-gara ini. Udah ngajuin resign dari kantor pula. HRD udah ping pong saya tanyain macem-macem, ribet deh saya tanyain mulu. Dan akhirnya engga jadi, haha!

Begini, dulu saya pernah punya pengalaman pahit. Kerja kantoran pertama kali di perusahaan PMA Taiwan yang semua juga bilang itu perusahaan brengsek. Dan faktanya emang iya sih. Ini pengalaman pahit lho, pait banget tapi hikmahnya banyak. Sekarang saya jadi tahu ciri-ciri perusahaan labil dan manajemen jelek. Di pikiran saya sudah berkembang konsep perusahaan yang ideal, karena sudah pernah mengalami kerja di perusahaan bapuk.

Saya tahu perusahaan itu bagus karena saya pernah tahu ada perusahaan jelek di luar sana. Minimal tanda-tanda awal sudah bisa saya lihat (sekilas). Mudah-mudahan penilaian saya engga meleset..

Jadi, perusahaan Korea ini saya lihat sebagai calon perusahaan brengsek seperti yang lalu. Ditambah lagi ada bisik-bisik dari teman saya, ya sudah..wassalam..

2. Interview jadi Management Trainee di perusahaan India.

Saya ‘maksa’ hari Sabtu baru bisa dateng, soalnya sibuk di hari lain (Tekanan pertama dari saya). Saat interview, HRD Managernya bilang kalau ‘akan kasih kabar secepatnya’. Lalu saya tanya lagi, kapan ya kira-kira? Katanya, “Bos saya lagi di Singapura, jadi tunggu beliau dulu, kemungkinan seminggu kemudian. Saya ‘maksa’ HRD untuk kasih jawaban secepatnya karena (memang) sudah ada tawaran kerja di tempat lain. Yah kalo engga kasih kabar segera, paling kamu yang rugi lho (Tekanan kedua dari saya, tekanan dalam hati, hehe).

You know, hari itu juga saya dipanggil untuk interview kedua dengan bosnya yang katanya lagi di Singapura, LOL! Saya diterima, dengan gaji standar MT, kerja jam 8- 7 malem Senin-Jumat, Sabtu setengah hari. No way banget! I am underpaid! Di mega kuningan pula, depan mal ambassador, calon tua di jalan deh saya.

Kalo jadi MT ilmunya sih banyak, cuma mikir kerasnya hidup di Jakarta..kasian saya😦 Jam kerja kayak kuli banget pula T.T

3. Interview di J.Co Mall Taman Anggrek. Ketemu direkturnya langsung dan karena baru banget resign, jadi bahasa Mandarin saya masih kayak kereta express, maut banget!😀

Saya interview maksimal tapi aslinya engga begitu tertarik. Kerja di Jak-Ut jadi sekretaris dan lihat tampang calon bos kayaknya galak.. Masalah salary standar interpreter sih, cuma cost tiap hari kesana kayaknya malesin juga ya. Mungkin bukan cost-nya, tapi teringat energi yang saya habiskan di jalan cuma untuk bolak-balik kantor. Makasih deh..

4. Interview di apartemen yang beralih fungsi jadi kantor.

Saya udah tahu kalau ini perusahaan engga beres, soalnya temen pernah terjebak di sini. Tapi..gimana ya, kepo sih. Jadi tetep dateng dan malah tanya-tanya engga penting. Liat-liat suasana kantor de el el. Engga jelas😀 Engga dihubungin lagi sama HRDnya. Saya pikir kesalahannya ada di saya. Saya terlalu dini menunjukan sikap underestimate saya terhadap perusahaan tersebut. Saya bawa diri terlalu tinggi. At least, saya dapat pengalaman yang berharga dalam poin ini🙂

5. Interview di big company dengan small salary. Haha!

Ini dapet rekomendasi dari temen baik saya. Akhirnya interview, cocok dan tanda tangan kontrak. Iya bener, udah tanda tangan kontrak. Eh, ujung-ujungnya malah engga jadi. Alasan saya : ijazah ditahan jadi engga bisa resign dari kantor. Padahal balik lagi soal salary sih.. Start salary kecil standar sarjana so-so, kenaikan setahun sekali doang, paling gede juga cuma 10%, mandarin engga kepake, ya udah dibatalin aja deh

6. Interview jadi guru dengan lembaga pendidikan yang fungsinya kayak calo. Astagfirullah!

Kayaknya udah 3x interview, diterima semua, cuma saya alasan mulu. Udah bilang iya tapi akhirnya engga jadi. Tapi tetep dipanggil-panggil mulu, butuh sih. Tapi asli, ini jangan ditiru ya temans.. kasian HRDnya pusing jadinya kan..

7. Dan lain sebagainya…

Inti pertama, tips buat calon pekerja :
* Jangan ragu untuk datang interview, kecuali lokasi jauh banget, buang ongkos buang waktu.
* Tanya apa saja sama yang interview kamu, jangan malu jangan ragu apalagi takut. Tapi jangan songong juga.
* Jaga sikap dan buat first impression yang bagus.
Caranya : usahakan tidak telat dan berpakaianlah layaknya profesional kalau mau dilihat sebagai profesional juga. Yang penting kan diterima kerja dulu, kalau udah diterima mau pakai baju ala anak metal ya urusan belakang.. #eh
* Tidur cukup, jangan lupa makan, minum air putih secukupnya, menabunglah setiap hari, minum yakult juga….. *perlahan-lahan masuk goa*

Inti kedua, interview itu ada strateginya. Lanjut di posting berikutnya aja ya.. Markibo! Mari kita bobo, ngantuk saya..

Selamat malam~

Leave a Reply

Information

This entry was posted on May 31, 2012 by in Uncategorized and tagged .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Still hungry? Please say YES.

Save the best for the last. 
I like chocolate and ice cream, it's perfect match!

#sweettooth #homemade #chocolate #icecream #instafoodies #nicedinner I don't know when will posting these stuff. So now forgive me for spamming your timeline. 
It's so Italian. Looks good on cam but not my fav

#nicedinner #homemade #foodies Another pizza with mozarellalalalala~

#homemadepizza #nicedinner #mozzarella Home made pizza with five different dipping sauces. I like the yellow one~ 
#homemade #nicedinner #pizza #dippingsauce Dipping stuff. Carrots and paprika. 
#nicedinner #familyseries #foodies #homemade Makan-makan tadi sore. 
Biasa, kang foto cuma kursi kosongnya yg kepoto. Hahaha~ 
#nicedinner #thisisnow #eveningsnacks #familyseries Surabaya city map for next year walking tour. Anyone? :p

#jalanteross Running track on Gasibu Square. 
Warna birunya menggoda ya... #blue #runningtracks #publicsquare #gasibu #bandung #ngebandung #instacolors

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

