numberthreeme

Mostly about Jakarta, and everything in between

Sinologi Festival

Kaos pesenan saya sudah sampai😀

Kaos ini sebagai bentuk donasi buat adik-adik mahasiswa dalam acara SinoFest atau kepanjangannya Sinologi Festival.

Tjakep ya!

Dulu pas masih kuliah saya jadi Ketua Penyelenggaranya lho. Penuh perjuangan dan pengorbanan, tapi seru banget jalaninnya, jadi terkenang :”)

Dulu tuh pas saya dan rekan-rekan seangkatan saya yang handle Sinofest, akhirnya bisa untung sampe 10 jutaan lho, dasyat banget saat itu. Secara finansial, Sinofest saya (Sinofest IX) adalah yang paling makmur di antara semua Sinofest yang pernah digelar. Ihihii~

Tapi, apakah kamu tahu apa saja yang harus saya lalui hingga bisa berjalan acara ini? Hmm..

Emang tetep ada faktor ‘luck’ dalam acara ini. Waktu itu salah satu rekan panitia punya bokap yang bantu nawarin proposal ke perusahaan migas dan kawan-kawannya. Lima juta, lima juta, lima juta masuk kas Sinofest sampe puluhan juta sendiri dari link bokapnya rekan panitia tsb, boleh sebut nama ga ya? :p

Persiapan acara delapan bulan, diselingi on off kuliah, ujian semesteran, zhunbei (alias nyiapin bahan kuliah cina), presentasi, daaann…tugas-tugas lainnya.

Paling lama itu proses matengin ide, alias bikin proposal, konsep, harapan dan keinginan.

Nah, sebagai ketuanya, saya kadang suka otoriter karena kalo ngomongin konsep dan ide di antara 100-an panitia bisa brewokan sendiri nunggu sepakatnya. Jadi, panitia saya ‘paksa’ untuk kasih ide seperlunya dan bertanggung jawab akan idenya, paksaan halus sih, ada caranya sendiri, heuheu.

Paling cepet adalah pemilihan panitia, karena saya semena-mena dan tau bakal ribet kalo pake sistem demokrasi.

Ada bidang Dana Usaha, Dokumentasi, Acara, Bazaar, Transport, de-el-el. Kalo ini saya lebih ‘parah’ lg. Sebelum menentukan pembagian bidang panitia, biasanya kan semua panitia disuruh nulis pilihan kesatu kedua ketiga bidang yang disukai atau dirasa bisa. Ada bidang yang jadi favorit (Acara, Keamanan), ada bidang yang sepi peminat (Danus). Alasannya bisa macem-macem, paling banyak sih pada nyari bidang yang paling gampang kerjaannya, yang ga perlu ikut meeting banyak-banyak😐😐

Udah gitu, saya bikin time table pribadi. Harus apa dan bagaimana jalannya Sinofest ini.

Seorang pemimpin  harus punya pikiran dua langkah lebih maju dari anak buahnya.

Misal, meeting dilakukan untuk mereview progress persiapan acara DAN membahas apa yang harus dilakukan ke depan. Setelah direview, kelanjutannya apa nih? Apa next stepnya? Harus ngapain setelah proses ini dilalui? Ya karena semua learning by doing, saya pada saat itu cuma bisa menerka-nerka kalau INI lho yang harus saya lakukan selanjutnya. Kira-kira begitu..

Selanjutnya adalah permainan psikologis.

Kalau dana belum cukup, saya kasih penjabaran akan SEBURUK apa acara ini nantinya. H-seminggu acara, saya pernah pura-pura menangis karena dana belum cukup. Sampai saya keluar ruangan dan tidak menyelesaikan meeting. Bwahahahaa😀😀

Untuk Sinofest tahun ini, saya doakan semoga sukses dan lancar, jangan sampe utang ya! ^^

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 17, 2012 by in Uncategorized and tagged , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 42 other followers

Still hungry? Please say YES.

Save the best for the last. 
I like chocolate and ice cream, it's perfect match!

#sweettooth #homemade #chocolate #icecream #instafoodies #nicedinner I don't know when will posting these stuff. So now forgive me for spamming your timeline. 
It's so Italian. Looks good on cam but not my fav

#nicedinner #homemade #foodies Another pizza with mozarellalalalala~

#homemadepizza #nicedinner #mozzarella Home made pizza with five different dipping sauces. I like the yellow one~ 
#homemade #nicedinner #pizza #dippingsauce Dipping stuff. Carrots and paprika. 
#nicedinner #familyseries #foodies #homemade Makan-makan tadi sore. 
Biasa, kang foto cuma kursi kosongnya yg kepoto. Hahaha~ 
#nicedinner #thisisnow #eveningsnacks #familyseries Surabaya city map for next year walking tour. Anyone? :p

#jalanteross Running track on Gasibu Square. 
Warna birunya menggoda ya... #blue #runningtracks #publicsquare #gasibu #bandung #ngebandung #instacolors

Categories

Posted!

Blogs I Follow

NGENDONESIA

hanya obrolan kala senggang dalam bungkus tulisan

TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

dianagustinaphotography

Let's smile and spread it to the world

Mikaila Acelin S

Stop wishing, start doing!

itsmydecember

the new journalist

Alief Workshop

Opini & Sharing dari Seorang Nubie

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

gelaph [dot] com

You'll Never Cherish Saturday If You Never Meet Monday

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

