Membuat Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning)

Kartu Pencari Kerja berwarna putih, disebut kartu kuning karena dulunya memang berwarna kuning.

Langsung saja ya, persyaratan pembuatan kartu kuning :

1. Fotokopi Ijazah terakhir, satu lembar. Dikatakan copy ijazah yang dilegalisir, tapi kemarin saya fotokopi biasa tanpa legalisir juga diterima petugasnya.

2. Fotokopi KTP, satu lembar

3. Pas foto berwarna 3×4, satu lembar.

IMG_1546

Untuk Bekasi, pengurusan dilakukan di Disnaker Bekasi, lokasi di seberang GOR Bekasi, tepatnya di antara Bank BCA dan Bank BNI, di pinggir jalan besar kok.

Berkas diterima paling lambat pukul 2 siang, jam 12.00-13.00 istirahat ya.

Prosesnya engga neko-neko, dan lagi-lagi saya cepat memasukkan berkas ketika loket baru dibuka. Antrian nomor dua, hehe.

Setelah berkas diserahkan, tunggu dipanggil untuk kemudian mengisi data online di komputer. Kalau kamu bisa mengetik dengan cepat dan engga kebanyakan mikir, bisa cepet kok selesainya. Tergantung kamunya kalo di sini.

Sebenarnya Disnaker Bekasi sudah mulai membuka online untuk pendaftaran kartu kuning ini. Nantinya setelah daftar online di rumah, kartu kuning tinggal diambil saja di Disnaker. Katanya sih begitu, belum tahu juga sih.

Kembali lagi ke loket pendaftaran awal, tunggu kartu dicetak dan minta legalisir. Saya disuruh fotokopi lima lembar (Rp 2rb di fotokopi-an Disnaker) kemudian minta legalisir bayar Rp 10rb.

Oke, jadi total waktu pembuatan sekitar setengah jam dan biaya Rp 12rb.

(Lumayanlah. Buat makan siang petugas-petugasnya.. #eh)

Kali ini saya cukup puas dengan proses yang tidak berbelit-belit, petugasnya juga helpful dan ramah. :)

About these ads